Friday, February 21, 2014

Letak Gunung Kelud

Berapa minggu belakangan ini media elektronik baik media cetak tidak ketinggalan berita tentang gunung kelud. Barang kali aja sebagian kita masih ada yang baru tau tentang musibah gunung kelud,, mungkin karena sibuk atau jarang nonton berita.. hehehehe,, disini penulis deskripsikan tentang gunung kelud.. semoga bisa menambah pengetahuannnya ya...

Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut Yang berarti "sapu" Dalam, bahasa Jawa, bahasa Belanda disebut Dalam, Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete) adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, Yang tergolong Aktif. Gunung inisial berada di perbatasan Kabupaten Kediri ANTARA, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang Dan, kira-kira 27 km Sebelah Jakarta timur Pusat Kota Kediri.

Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan gunung berapi salat Satu memucat Aktif di Indonesia. [1] Sejak Tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih Bahasa Dari 30 Kali, Artikel Baru letusan terbesarnya berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). [2] Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi PADA Tahun 2014 [3].

Morfologi

Gunung api inisial termasuk Dalam, tipe stratovulkan Artikel Baru karakteristik letusan eksplosif. Seperti BANYAK gunung api di Pulau Jawa TOTAL, Gunung Kelud terbentuk akibat subduksi lempeng Benua alt Proses Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia. Sejak Tahun 1300 Masehi, gunung meletus Suami tercatat Aktif Artikel Baru Rentang jarak pagar waktu Yang putar relatif Pendek (9-25 tahun), menjadikannya sebagai gunung api Yang berbahaya * Bagi manusia.

Kekhasan gunung api Suami adalah adanya Danau kawah, Yang Dalam, kondisi letusan dapat menghasilkan Aliran lahar letusan Dalam, JUMLAH Besar, Dan membahayakan penduduk Sekitarnya. Letusan freatik Tahun 2007 memunculkan sumbat lava Ke permukaan Danau, sehingga Danau kawah nyaris sirna, menyisakan genangan Kecil seperti kubangan air. Sumbat lava Suami Hancur PADA letusan Besar di Tahun 2014 Overdue.

Puncak-Puncak Yang ADA sekarang merupakan Sisa Bahasa Dari letusan Besar Masa Lalu Yang meruntuhkan Bagian tidak Puncak purba. Dinding di Sisi barat Daya Runtuh Terbuka sehingga Kompleks kawah membuka Ke arah ITU. Puncak Kelud adalah Yang tertinggi, berposisi agak di Jakarta timur laut kawah. Puncak-Puncak TOTAL adalah Puncak Gajahmungkur di Sisi barat Dan Puncak Sumbing di Sisi Jakarta selatan.
Catatan AKTIVITAS Gunung Kelud
Gunung Kelud 1901
Gunung Kelud 1919

Sejak Abad yang ke-15, Gunung Kelud telah memakan Korban lebih bahasa Dari 15.000 jiwanya. Letusan gunung Suami PADA Tahun 1586 merenggut Korban lebih bahasa Dari 10.000 jiwanya. [4] Sebuah SISTEM untuk mengalihkan Aliran lahar telah dibuat secara ekstensif PADA Tahun 1926 Dan Masih berfungsi hingga tangguhan Penghasilan kena letusan PADA Tahun 1919 memakan Korban hingga ribuan jiwanya akibat banjir lahar Dingin menyapu pemukiman penduduk.

PADA Abad yang ke-20, Gunung Kelud tercatat meletus PADA Tahun 1901, 1919 (1 Mei [5]), 1951, 1966, Dan 1990 (10 Februari). Pola Suami membawa para Ahli gunung api PADA siklus 15 Tahunan * Bagi letusan gunung inisial. Memasuki Abad yang ke-21, gunung Suami erupsi PADA Tahun 2007, 2010, Dan 2014. Perubahan frekuensi inisial terjadi akibat terbentuknya sumbat lava di kawah gunung Mulut.
Letusan 1919

Letusan Gunung Kelud Tahun 1919 tercatat Dalam, Laporan Perubahan Carl Wilhelm Wormser (1876-1946), pejabat Pengadilan Landraad di Tulung Agung (Masa kolonial Belanda), Yang menjadi Saksi mata Bencana alam tersebut.Disebutkan, PADA 20 Mei 1919 Siang, Tiba-Tiba Langit Gelap . Hilangnya Matahari cara membuat * Semua Yang Hidup menjadi Takut Dan gentar. Hujan abu Dan batu Yang turun-. Para penduduk desa di Lereng gunung berusaha menyelamatkan apapun Yang dapat diselamatkan: Harta Dan jiwanya Dan HEWAN peliharaan. Semuanya berlarian menghindari mengejar ketertinggalan alam. Lari! Lari kemanakah Dirimu? Bernafas semakin Sulit. Udara semakin mencekik * Semua Yang bernafas. Bunyi desiran semakin Dekat Dan KUAT. Aliran lahar menghancurkan semuanya Dan mengganggu jalan keluar untuk manusia. Bangunan Dan pepohonan Besar Patah menjadi Kecil-Kecil bak korek api. Kawah memuntahkan lahar Dan abu Dan disertai awan beracun gas. Hutan, Tanah Dan sawah ditutup kain Kafan berwarna abu-abu. Belasan desa raib Bahasa Dari PETA Bumi. Ribuan Korban jiwanya dikubur Hidup-Hidup [6].

Letusan inisial termasuk diantara Yang memucat mematikan KARENA menelan Korban 5.160 jiwanya, merusak Wire color Kawat warna 15.000 ha Lahan Produktif KARENA Aliran lahar mencapai 38 km, meskipun di Kali Badak telah dibangun Bendung penahan lahar PADA Tahun 1905 [7]. Selain ITU Hugo Keren PADA Tahun 1907 juga ditugaskan melakukan penggalian saluran melalui Pematang atau Dinding kawah Bagian tidak barat. Usaha ITU BERHASIL mengeluarkan 4,3 Juta meter kubik udara [8].

KARENA letusan INILAH kemudian dibangun SISTEM saluran terowongan pembuangan air Danau kawah, Dan selesai PADA Tahun 1926. Secara keseluruhan dibangun Tujuh terowongan. PADA Masa Penghasilan kena Kemerdekaan dibangun terowongan baru Negara Penghasilan kena letusan Tahun 1966, 45 meteran di Bawah terowongan lama. Terowongan Yang selesai Tahun 1967 ITU diberi Nama Terowongan Ampera. Suami Volume mempertahankan berfungsi Saluran Danau kawah agar stabil PADA Angka 2,5 Juta meter kubik [7].
Letusan 1990

Letusan tahun 1990 berlangsung selama 45 aceh, yaitu 10 Februari 1990 hingga 13 Maret 1990. PADA letusan Suami, Gunung Kelud memuntahkan 57,3 Juta meter kubik bahan vulkanik. Lahar Dingin menjalar Wire color Kawat warna 24 kilometer Bahasa Dari Danau kawah melalui 11 debit sungai berhulu di gunung Yang ITU.

Letusan Suami Sempat menutup terowongan Ampera Artikel Baru bahan vulkanik. Alt Proses Normalisasi baru Negara selesai PADA Tahun 1994.
Letusan 2007

AKTIVITAS gunung Suami MENINGKAT PADA Akhir September 2007 Dan Masih Terus KALBE FARMA hingga November Tahun Yang sama, ditandai Artikel Baru meningkatnya Suhu udara Danau kawah, kegempaan peningkatan tremor, Serta perubahan Warna Danau kawah Bahasa Dari kehijauan menjadi putih keruh. Status "awas" (tertinggi) dikeluarkan Diposkan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Dan sejak 16 Oktober 2007 Yang berimplikasi penduduk Dalam, radius 10 km bahasa Dari gunung (lebih kurang 135.000 jiwanya) Yang tinggal di Lereng gunung nihil harus mengungsi. Namun letusan regular tidak terjadi.

Penghasilan kena Sempat agak mereda, AKTIVITAS Gunung Kelud book value MENINGKAT sejak 30 Oktober 2007 Artikel Baru peningkatan PESAT Suhu udara Danau kawah Dan kegempaan vulkanik Dangkal. PADA tanggal 3 November 2007 sekitar Pukul 16.00 Suhu Danau udara melebihi 74 derajat Celsius, Jauh di Atas letusan gejala yang normal sebesar 40 derajat Celsius, sehingga menyebabkan Alat pengukur Suhu Rusak. Getaran Gempa tremor amplitudo Artikel Baru Besar (lebih bahasa Dari 35mm) menyebabkan Petugas Pengawas harus mengungsi, namun disajikan Sesudah regular tidak terjadi letusan.

Akibat AKTIVITAS Tinggi nihil terjadi gejala Unik Dalam, sejarah Kelud Artikel Baru munculnya secepatnya Tebal putih bahasa Dari Tengah Danau kawah diikuti Artikel Baru Kubah lava Bahasa Dari Tengah-Tengah Danau kawah sejak tanggal 5 November 2007 Dan Terus "Tumbuh" hingga berukuran selebar 100 m. Para Ahli menganggap Kubah lava INILAH Yang menyumbat saluran sehingga magma letusan regular tidak segera terjadi. Energi untuk letusan dipakai untuk mendorong Kubah lava Sisa letusan Tahun 1990.

Sejak Peristiwa nihil AKTIVITAS Pelepasan energi semakin berkurang Dan PADA tanggal 8 November 2007 Status Gunung Kelud diturunkan menjadi "siaga" (tingkat 3).

Danau kawah Gunung Kelud Praktis "Hilang" KARENA kemunculan Kubah lava Yang Besar. Yang tersisa hanyalah kolam Kecil berisi udara keruh berwarna kecoklatan di Sisi Jakarta selatan Kubah lava.
Letusan 2014
Abu vulkanik letusan Bahasa Dari Tahun 2014 Yang menjangkau Yogyakarta.

Letusan Gunung Kelud 2014 dianggap lebih Dahsyat daripada Tahun 1990. [9] meskipun HANYA memakan 4 Korban jiwanya akibat Peristiwa ikutan, Bukan akibat langsung letusan [10].

Peningkatan AKTIVITAS sudah dideteksi di Awal Tahun 2013 [11]. Namun demikian, situasi book value Tenang. Baru kemudian diumumkan peningkatan statusnya Bahasa Dari normal menjadi Waspada sejak tanggal 2 Februari 2014 [12]. PADA 10 Februari 2014, Gunung Kelud dinaikkan statusnya menjadi Siaga Dan kemudian PADA tanggal 13 Februari Pukul 21.15 diumumkan Status Bahaya tertinggi, Awas (Level IV) [13], sehingga radius 10 km bahasa Dari Puncak harus dikosongkan Bahasa Dari manusia. HANYA Dalam, waktu kurang bahasa Dari doa selai, PADA Pukul 22.50 telah terjadi letusan PERTAMA tipe ledakan (eksplosif). Erupsi eksplosif tipe seperti PADA Tahun 1990 Suami (PADA Tahun 2007 tipenya efusif, yaitu berupa Aliran magma) menyebabkan Hujan kerikil Yang CUKUP Lebat dirasakan Warga di Kecamatan Ngancar wilâyah, Kediri, Jawa Timur, LOKASI TEMPAT gunung berapi Yang terkenal Aktif Suami berada, hingga bahkan kota Pare, Kediri [14]. Wilayah Kecamatan Wates TEMPAT dijadikan tujuan pengungsian Warga Yang tinggal radius Dalam, Wire color Kawat warna 10 kilometer Bahasa Dari Kubah lava, Sesuai rekomendasi Bahasa Dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi, Bencana Geologi Dan (PVMBG). [15] Suara ledakan dilaporkan terdengar hingga kota Solo Dan Yogyakarta (berjarak 200 km Bahasa Dari Pusat letusan) [16], bahkan Purbalingga (lebih kurang 300 km), Jawa Tengah [17].
Keadaan di wilâyah Bantul, DIY, SAAT Hujan abu vulkanik Gunung Kelud melanda wilâyah Suami PADA Pagi aceh tanggal 14 Februari 2014

Dampak abu vulkanik berupa PADA tanggal 14 Februari 2014 dini aceh dilaporkan telah mencapai Warga Kabupaten Ponorogo. Di Yogyakarta, teramati hampir seluruh wilâyah Tertutup abu vulkanik Yang CUKUP Pekat, melebihi abu vulkanik Merapi Bahasa Dari PADA Tahun 2010. Ketebalan abu vulkanik di Kawasan Yogyakarta Sleman Dan bahkan diperkirakan lebih bahasa Dari 2 sentimeter. [18] Dampak abu vulkanik juga mengarah Ke arah Barat Jawa, Dan dilaporkan sudah mencapai Kabupaten Ciamis, Bandung Dan beberapa daerah adalah berbaring di Jawa Barat. [19] [20] Di daerah adalah Madiun Magetan Dan jarak pagar Pandang untuk pengendara Kendaraan Kendaraan bermotor atau mobil HANYA sekitar 3-5 meteran KARENA turunnya abu vulkanik letusan Gunung Kelud Bahasa Dari nihil sehingga BANYAK Kendaraan Kendaraan bermotor Yang Ulasan Sangat berjalan pelan.

Menyusul adanya letusan, Kementerian Perhubungan Indonesia menutup SEMENTARA bandar-bandar Udara di Pulau Jawa, seperti Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang, Bandar Udara Achmad Yani Semarang, Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta, Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta, Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap, Bandar Udara Dan Husein Sastranegara Bandung [21]. Selain ITU, Bandar Udara Nusawiru di Pangandaran [22] Dan Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun, juga ditutup [23].

Kondisi gunung Penghasilan kena letusan Satu malam saja nihil berangsur Tenang Dan PADA tanggal 20 Februari 2014 AKTIVITAS statusnya diturunkan menjadi Siaga Bahasa Dari Awas (level III) Diposkan oleh PVMBG [24].
Obyek wisata Gunung Kelud
Gunung Kelud 2012. Kubah lava 2007 Tampak di Tengah, Artikel Baru Latar Belakang Puncak Kelud. Di Sebelah kiri adalah Bagian tidak bahasa Dari Puncak Gajahmungkur.

Menuju Kawasan Puncak Gunung Kelud sejak Tahun 2004 hubungan jalan Darat telah diperbaiki untuk mempermudah para wisatawan Serta penduduk. Gunung Kelud telah menjadi obyek wisata yang Kabupaten Kediri Artikel Baru atraksi Utama adalah Kubah lava. Di Puncak Gajahmungkur dibangun Gardu Pandang Artikel Baru adalah tangga terbuat bahasa Dari air mani. PADA malam saja Akhir Pekan, Kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni [25]. Selain ITU, telah disediakan pula bagian tanggul panjat Tebing di Puncak Sumbing, Panas udara Pemandian, Serta flying fox.

Tindakan Kabupaten Kediri MEMBANGUN Kawasan wisata yang inisial mendapat protes Bahasa Dari Kabupaten Blitar, Yang menganggap wilâyah Puncak Kelud merupakan wilayahnya [26]. Sengketa wilâyah Suami terutama meruncing Penghasilan kena turunnya Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/113/KPTS/013/2012 Yang menyatakan bahwa Kawasan Puncak Kelud merupakan wilâyah Kabupaten Kediri.

No comments:

Post a Comment