Saturday, February 22, 2014

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa


Kementerian Riset dan Teknologi mengujicoba tiga purwarupa mobil listrik karya anak bangsa di jalan-jalan Kota Surabaya, Senin (9/12), dalam rangkaian program memperkenalkan kendaraan massal berbasis listrik itu ke masyarakat.

Semua mobil listrik itu memakai penyimpan catu daya berbasis lithium, mengingat material, teknologi, dan ketahanan komponen yang satu ini sangat krusial bagi mobil listrik.

Purwarupa mobil listrik yang menjalani uji coba adalah mobil listrik sport Selo, buatan rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam, Yogyakarta, dan dua purwarupa mobil listrik buatan Dasep Ahmadi asal Depok, berupa mobil perkotaan listrik, dan bus listrik.

Ketiga purwarupa mobil listrik, yang sebelumnya diuji di Bandung, Yogyakarta, dan Solo itu, dilepas dari depan Balai Kota Surabaya dan diuji coba kendara di jalanan sekitar komplek setempat.

Asisten Deputi IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi, Pariatmono, mengatakan tingkat kesiapan teknologi mobil listrik yang dikembangkan sudah mencapai tingkat tujuh.

"Dari tingkat tujuh ke delapan, mobil listrik memerlukan uji coba di lingkungan sebenarnya," kata Pariatmono ketika ikut menjajal bus buatan Ahmadi. (Ant)

No comments:

Post a Comment